Blog  

Dikbud Kolaka Laksanakan Giat Pembentukan Dewan Seni Kabupaten Kolaka, dan Pemilihan Ketua

nasionaljurnalis.com, Kolaka – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka, Laksanakan Pembentukan Dewan Kesenian Kabupaten Kolaka, di Hotel Expres Kolaka, 21/09/24.

Kadis Dikbud Melalui Kabid Kebudayaan Muh. Tasilman, ST dalam sambutannya tujuan pembentukan Dewan Kesenian Kabupaten Kolaka, agar pekerja Seni memiliki Lembaga yang dapat meng akomodir kegiatan Kesenian baik Seni Berlatar Budaya, musik dll, “tujuan kami membentuk Dewan Kesian agar pekerja Seni Kolaka punya Lembaga” Katanya.

Rencana ini sudah ada sejak dua tahun yang lalu, namun pada saat itu anggaran Kebudayaan masih minim lanjut Kabid Kebudayaan.

Tasilman juga menyampaikan bahawa Dikbud Kolaka tidak hanya terfokus untuk budaya Mekongga saja, akan tetapi Dikbud Kolaka juga memberikan Fasilitas untuk Budaya Etnis lain yang berada di Bumi Mekongga meski yang utama itu Budaya Mekongga.

Dalam giat itu juga dihadiri Tokoh Adat Mekongga Drs. Munaser Arifin mantan Kepala Bidang Kebudayaan dan juga menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Adat Mekongga, serta terpilih Sebagai Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kolaka.

Dalam sesi tanya jawab salah satu Pekerja Seni, Ungke meminta kepada Dikbud Kolaka agar memerhatikan juga Pekerja Seni yang bergelut di Dunia Teater, Eksistensi teater di Kolaka sejak 2003 silam, namun kini banyak Pekerja Seni Teater di Kolaka yang hijrah ke Kota Lain krn menganggap tidak ada Perhatian Pemerintah Kolaka. “Jangan mengajak tirikan Seni teater” ujar Ungke.

Menurut Tasilman, Prinsip Pemerintah apapun jenis Seni yang ada di Kolaka akan diberikan dukungan, namun kurangnya dukungan Untuk Teater dikarenakan peminat yang minim, mungkin perlu adanya sosialisi atau kegiatan-kegiatan teater untuk menumbuhkan kembali animo Masyarakat di Dunia Teater di Kabupaten Kolaka, “perlu ada kegiatan yang bisa meningkatkan animo Masyarakat di dunia Teater”, tutup Tasilman.

 

Apriyanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *