SUMBAR  

Pj. Sekdakab Sijunjung Drs.Endi Nazir Hadiri Bakaua Adat Nagari Koto Tuo

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Untuk mewujud rasa syukur kepada Rezki yang telah di berikan oleh Allah SWT di bidang pertanian dan usaha lainya Pelaksanaan Tradisional Adat Bakaua di Nagari Koto Tuo dihadiri Sekda Kabupaten Sijunjung Drs. Endi Nazir pada Jumat (24/11/2023) sore selesai sholat Jum’at.

Ucapan terimakasih kehadiran ibu dan bapak anggota legislatif DPR RI Athari Gauthini Adri. dan DPRD Provinsi Sumatera Barat bapak H.Daswanto,SE dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Syasmi Ultradi bersama Barista Yozie,ujar Pj. Sekda dalam sambutannya.

Turut hadir pada acara Bakaua Adat itu saudari camat IV Nagari, Kapolsek, Dan Ramil, Koordinator BPP bersama penyuluh pertanian.

Hal yang di sampaikan oleh Wali Nagari Koto tuo ,”saat ini kita di Koto Tuo sangat membutuhkan jembatan permanen, penghubung menuju ke seberang dari Surau Bawah Durian,” ungkap Wali Nagari Koto Tuo Benny Putra menyampaikan sambutan.

Sementara itu diawal acara, panitia bakaua Israil Mangkudun Sati mengatakan, “tradisi bakaua ini telah terhenti selama pandemi, atas kesepakatan bersama Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Bundo Kanduang, pemuda serta pemerintah nagari diteruskan kembali”.

Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN), dalam eksposnya menyampaikan perihal tanam padi serentak, ketentuan upah buruh tani dan ketentuan upah mesin bajak yang berlaku di Koto Tuo pada musim tanam kali ini.

Pengisi acara antara lain, pembaca kalam Illahi Azizah, doa E. Lobai Sati serta pidato makan M. Paduko Bosar bersama A.H. Rajo Bonsu.

Acara yang berlangsung setelah shalat Jumat di los pasar itu berlangsung sukses.
Jp Ak | (AG)

Penulis: AG Editor: Jupri Ak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *