ACEH, Polri  

PemkoLangsa menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT Ke-67 LVRI di Halaman Pendopo Walikota Langsa, Kamis (18/01/2024).

Aceh,Kamis 18 Januari 2024,medianasionaljurnalis.com-Pj. Walikota Langsa Syaridin, S.pd,. M.Pd, diwakili Asisten I Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, Suriyatno, AP. MSP memimpin Upacara Peringatan HUT Ke-67 LVRI.

Asisten I Suriyatno menyampaikan kata sambutan Ketua Umum Dewan Pusat Legiun Veteran Letnan Jendral TNI (PURN) H.B.L Mantiri mengatakan,

Sekilas sejarah lahirnya Legiun Veteran RI melalui proses penyatuan organisasi pejuang yang ditetapkan pada Kongres Nasiona pertama di Hotel Deca Park Tanggal 2 Januari 1957 di Jakarta diikuti oleh 2.500 peserta dari berbagai Faksi Laskar Pejuang Kemerdekaan bagi pejuang saat itu.

Kongres merupakan reuni besar pertama para pejuang di masa damai. Bertemunya para pejuang itu, tidak hanya membahas soal masa depan bangsa tetapi juga sebuah hasrat menyatukan berbagai elemen pejuang dari seluruh nusantara.

“Kongres menghasilkan kesepakatan membentuk badan yang menyatukan semua Laskar Pejuang dalam wadah Legiun Veteran Republik Indonesia dan menjadikan LVRI sebagai rumah besar bagi para veteran” papar Ketua LVRI.

Sebagai tindak lanjut dari kongres, Presiden Soekarno telah menerbitkan Keputusan Nomor 103 Tahun 1957 Tanggal 2 April yang menyatakan berdirinya LVRI dan dalam perjalanannya di Era Reformasi,

Pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran. Undang-Undang itu kini menjadi aset berharga yang dimiliki Veteran hingga saat ini.

“Sebagai Veteran, kita bersyukur dan bangga bahwa Negara telah memberikan pengakuan atas pengabdian dan pengorbanan para pejuang” jelas Mantiri.

Kemudian, Dalam momentum suasana pesta demokrasi di Negeri kita yang puncaknya akan berlangsung pada 14 Februari 2024 dan dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan menjadi pedoman arah kelanjutan perjuangan LVRI.

“LVRI berharap pemilihan umum ini berlangsung aman, sejuk, damai dan tertib lancar, sesuai dengan tema HUT LVRI Ke-67” ungkap Mantiri(. Ridwan.Abd,)

 

Medianasionljurnalis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *