SUMBAR  

Kembali Bupati Pasaman Barat Resmikan Pemekaran Kejorongan Di Kecamatan Kinali

Pasaman Barat Nasionaljurnalis.com-Peresmian wilayah kejorongan di Pasaman Barat (Pasbar) terus dilakukan. Selasa (23/1), Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Anggota DPRD Pasbar, Kepala DPMN Randi Hendrawan, Camat Kinali Saparuddin, Forkopimca Kinali dan stakeholder terkait meresmikan wilayah kejorongan di Nagari Langgam Sepakat, Nagari Limau Purut, dan di Nagari Mudiak Labuah, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat.

Peresmian Wilayah Kejorongan di Nagari Langgam Sepakat diantaranya Kejorongan Langgam Sepakat Timur, Langgam Sepakat Tengah dan Langgam Sepakat Barat. Sementara di Nagari Limau Purut menjadi Kejorongan Limau Puruik, Limau Puruik Timur dan Jorong Limau Puruik Barat. Sedangkan di Nagari Mudiak Labuah dimekarkan menjadi Kejorongan Mudiak Labuah dan Kejorongan Sidomulyo.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dan kekompakan yang terjalin di Pasbar khususnya di Nagari Langgam Sepakat, Nagari Limau Purut dan Nagari Mudiak Labuah Kecamatan Kinali. Selama ini lanjutnya, kejorongan di Pasbar berjumlah lebih kurang 206 jorong di tengah luasnya wilayah dan padatnya penduduk. Jorong tersebut tentu tidak dapat mengurusi semua masyarakatnya, untuk itulah keinginan pemekaran dapat terwujud dan terselenggara dengan baik.

“Dulu di Kinali ini hanya ada satu nagari dan saat ini sudah dapat kita mekarkan menjadi 16 nagari. Begitu juga dengan wilayah kejorongan yang telah kita mekarkan. Secara penataan pemerintahan, kita sudah dapat mengurusi masyarakat kita dengan pemekaran ini. Salah satunya Langgam Sepakat yang awalnya hanya satu kejorongan saat ini menjadi 3 kejorongan. Ini adalah berkat kerjasama semua pihak yang sudah bersusah payah hingga terselenggaranya kegiatan kita hari ini,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, peran jorong sangatlah penting sebab berurusan langsung dengan masyarakat. Banyak persoalan masyarakat yang harus diselesaikan oleh seorang kepala jorong. Untuk itu ia menghimbau masyarakat Kinali agar memilih jorong yang mau mengurus masyarakat dengan baik.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Nagari Langgam Sepakat Zaliman menyebutkan selama ini belum ada pemekaran baik nagari maupun kejorongan. Untuk itu, atas nama masyarakat Langgam Sepakat ia mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pasbar atas pemekaran yang diresmikan pada hari itu. Ia juga berharap, ke depan pemekaran tersebut dapat memudahkan pelayanan terhadap masyarakat Langgam Sepakat.

Tokoh Masyarakat Nagari Limau Purut Mujiono mewakili masyarakat mengatakan pemekaran nagari dan pemekaran dalam kejorongan di Pasbar diyakini dapat memajukan pembangunan di segala bidang. Ia juga menghimbau masyarakat Nagari Limau Purut agar menyambut pemekaran wilayah kejorongan dengan suka cita.

Tokoh Masyarakat Nagari Mudiak Labuah Agus Santoso mengatakan jumlah penduduk di wilayah itu sebanyak 3.400 jiwa. Pemekaran itu diharapkan dapat lebih memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Ia juga memaparkan kondisi jalan alternatif dari IV Koto Barat hingga Padang 7 yang berharap mendapat perhatian dari pemerintah daerah.(Dasmawati)

Penulis: DasmawatiEditor: Handro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *