Blog  

Kejar Target PPK Kecamatan Gunung Tuleh Berjibaku Selesaikan Rekapitulasi Suara, Ketua PPK, Kita Pasang Tiga Panel

Pasaman Barat Nasionaljurnalis.com-Pasca pemungutan suara, tanggal 14 Februari 2024, tahapan Pemilu berlanjut ke rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

PPK Kecamatan Gunung Tuleh sudah memulai kegiatan pada tanggal 17 Februari 2024, Ditargetkan, kegiatan bisa selesai pada tanggal 20 Februari 2024, dan berlanjut ke rekapiltulasi tingkat Kabupaten

Kegiatan yang berlangsung maraton, dari pagi hingga tengah malam, membuat banyak petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), kelelahan. Tidak jarang, mereka mencuri waktu untuk beristirahat sejenak, saat proses penghitungan suara dilaksanakan.

“Bekerja hingga 14 sampai 15 jam, membuat tubuh terasa lelah dan mengantuk.Kecamatan Gunung Tuleh memiliki 76 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan di hari pertama baru selesai 20 TPS. Pada hari kedua ini dilanjutkan, dengan target 21, hari ke tiga 21 TPS, hari keempat 14 TPS,” ujar Ketua PPK Monza Putra Selasa, 20 Februari 2024 di aula kantor camat.

 

Pelaksanaan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024, berbeda dengan Pemilu 2019. Pada saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerapkan aplikasi sirekap. Prosesnya, hasil perhitungan di TPS, dibandingkan dengan hasil si rekap. Jika terjadi perbedaan antara perhitungan di TPS dengan si rekap, maka perbaikan akan dilakukan pada aplikasi sirekap.

“Penerapan aplikasi si rekap, membuat petugas rekapitulasi, harus ekstra hati-hati, agar tidak ada angka yang salah. Hal ini lah yang membuat kondisi fisik terkuras, karena tidak jarang ditemukan kesalahan sehingga harus di ulang. Bahkan, angka dalam plano perhitungan TPS ada yang tidak jelas, sehingga dilakukan penghitungan surat suara kembali,” tambah nya.

Rekapitulasi suara yang di kejar deadline, yakni tanggal 03 Maret 2024, membuat PPK dan PPS harus terus bekerja keras untuk bisa menyelesaikan perekapan di 5 surat suara, untuk semua TPS. Kesehatan dan kebugaran fisik terus dijaga, agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik, serta mengantarkan suara masyarakat ke tingkat KPU Pasaman Barat.

“Kita mengunakan tiga panel untuk kejar target rekapitulasi suara semoga tidak ada kendala sampai selesai”, harapnya

Rekaputulasi tingkat kecamatan menjadi tahapan penting, karena menentukan rekapan hasil di KPU kabupaten nantinya.

Untuk memastikan keamanan dan ketertiban serta kelancaran saat melakukan proses penghitungan rekapitulasi ditingkat Kecamatan, terlihat aparat keamanan TNI dan Polri berjaga 24 jam dilokasi selama proses tersebut berlangsung, hingga hari ini proses penghitungan rekapitulasi tersebut masih aman dan lancar.(Handro)

Penulis: HandrodonalEditor: Ronal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *