SUMBAR  

Pasca Longsor Jalan Simpang Empat Menuju Talu Di Nagari Kajai Sudah Bisa Di Lewati

Pasaman Barat Nasionaljurnalis.com-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat Armi Ningdel pastikan, jalan lintas Simpang Empat menuju Talu yamg longsor di Nagari Kajai sudah bisa dilalui.

Meski begitu, alat berat menurutnya masih bekerja membersihkan longsoran tanah yang sebelumnya menimbun jalan provinsi tersebut.

“Masih melakukan pembersihan. Mobil sudah bisa lewat meskipun belum optimal dilalui,” kata Armi Ningdel, Jumat (08/03/2024).

Menurut nya sore ini kendaraan roda empat sudah bisa melalui bekas longsoran tersebut. BPBD Pasbar bersama TNI, Polri dan Dinas PU Pasbar dan Pemerintah nagari berjibaku mengatur dan memperbaiki jalan di bantu oleh alat berat dari dinas PU Pasbar.

“Alhamdullillah sore ini sudah terbuka untuk semua jenis kendaraan,” ujar Ningdel lagi.

Sementara itu Camat Talamau Arman bersama Camat Pasaman Andre berharap dan menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati melewati jalan dari Nagari Kajai menuju Nagari Talu di karenakan ada potensi longsor apalagi hujan.

 

“kami menghimbau kepada masyarakat yang melewati jalan lintas Nagari Kajai menuju Nagari Talu agar tetap waspada dan berhati hati jangan melewati di waktu hujan”, harapnya

Sebelumnya Bupati Pasaman Barat Hamsuardi Bersama Kapolres Pasbar AKBP Agung Tribawanto Tinjau Jalan Longsor di Kajai

 

Bupati bersama Kapolres Pasbar tinjau jalan longsor

Tingginya intensitas hujan sejak Kamis (07/03) kemarin, menyebabkan sebagian wilayah Pasaman Barat terendam banjir dan tanah longsor, salah satunya akses jalan dari Simpang Empat menuju panti, tepatnya di Jorong Limpato, Nagari Kajai,Kecamatan Talamau, jalan tersebut terban dan putus total.

Menyikapi bencana tersebut, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, turun langsung meninjau jalan tersebut, Hamsuardi menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk tetap waspada, karena intensitas hujan masih berlangsung.

“Saat ini kita meninjau lokasi longsor yang menyebabkan jalan terban di daerah Kajai,” ujar Bupati

Akibat longsor tersebut, akses transportasi dari Talu menuju Simpang Empat putus total, tidak bisa dileawti kendaraan roda empat, Bupati Hamsuardi mengatakan mulai sore ini jalan tersebut dikerjakan hingga jalan itu bisa dilewati kendaraan roda empat kembali.

“InsyaAllah mulai sore ini kita kerjakan,sampai nanti akses jalan tersebut bisa kembali dilewati kendaraan roda empat,” tegasnya.

Selain itu Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang tinggal di daerah sepadan sungai agar tetap waspada terhadap ancaman banjir, serta masyarakat yang tinggal didaerah perbukitan untuk waspada ancaman tanah longsor.

“Bagi masyakat yang hendak bepergian keluar rumah untuk selalu waspada, karena cuaca yang kurang kondusif saat ini,” katanya. (Handro)

Penulis: HandroEditor: Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *