Blog  

Tim X Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung Mengunjungi Masjid Hidayatul Muslimin Nagari Tamparunggo.

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Tim X Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung Kunjungi Masjid Hidayatul Muslimin Nagari Tamparunggo Kecamatan Sumpur Kudus pada hari Jum’at tanggal 15/3/2024.

Salah Satu tujuan di turunkan ya Tim safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung, antara lain ajang bersilahturahmi antara masyarakat dengan Pemerintah kabupaten Sijunjung khususnya masyarakat Nagari Tamparunggo dan juga dalam rangka mendorong tumbuhnya rasa kekeluargaan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, kemudian menerima keluhan , usulan , masukan dan saran dari masyarakat sebagai bahan pertimbangan oleh pemerintah Daerah dalam menetapkan kebijakan di tahun datang.

Tim X Safari Ramadhan Kabupaten Sijunjung di Pimpin oleh Bapak Syofian Hendri, S.Pd.I, M.M (Wakil Ketua DPRD), Yusniidarti, S.H. M.M. (anggota DPRD), Heki Oktavianus,S.Pd.I, (mubaligh), Puji Basuki, S.P. M.M ( Kadis Pendidikan), Usman Gumanti ( Sek.Dinas Pendidikan), Ismayeti, SP, (Sek.Dinas Pangan), Drs.Dody Katim,MM, (Kabag AP), Zulma Fitra Dt Bgd Jalelo (Ketua LKAAM), Jupri ,SH ( Wartawan). Selain itu juga ada tim pendamping dari kecamatan Sumpur Kudus dan Tim Pendamping dari Kantor Wali Nagari Tamparunggo.

Sekapur sirih dari Wali Nagari Tamparunggo Endar Saputra menyampaikan , pemerintah Nagari dan Tokoh masyarakat akan merencanakan pembangunan MAN Kampus Jauh /Filial dari MAN 1 Pelangki Sijunjung untuk tahun ajaran 2023/2024 lokal jauh yang terletak di Nagari Tamparunggo sudah ada muridnya sebanyak 20 Orang, dan Pemerintah Nagari Tamparunggo sudah menyediakan tanah tempat di bangunnya MAN tersebut yang luasnya lebih kurang 2 Ha yang bersebelahan dengan SMPN 24 Sijunjung Kecamatan Sumpur Kudus.

Lebih lanjut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan, bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sijunjung mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada tahun 2023 dari 68,69 poin pada tahun 2022 menjadi 72,30 poin pada tahun 2023 atau berada diurutan 12 dari 19 Kabupaten/kota di Sumatera Barat, dimana pada tahun 2022 berada diperingkat 17.

Sedangkan angka kemiskinan masyarakat Kabupaten Sijunjung pada tahun 2023 mengalami penurunan, dari 6,00% pada tahun 2022 menjadi 5,88% di tahun 2023, kemudian untuk tingkat pengangguran juga berhasil diturunkan dari 4,87% di tahun 2022 menjadi 4,71% di tahun 2023,” tambah Kadis

Puji Basuki juga menjelaskan untuk pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sijunjung  meningkat dari 3,95% di tahun 2022 menjadi 4,26 % pada tahun 2023.

Di bidang pendidikan dapat kita sampaikan ke pada masyarakat bahwa pemerintah Kabupaten telah merancang Program beasiswa CSR BUMN dan BUMD, termasuk juga beasiswa dari Baznas Kabupaten Sijunjung agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah sampai kejenjang tingkat SLTA dan sederajat, tegas Kadis Pendidikan.

Yang tak kalah penting untuk tahun ini kita telah mewajibkan setiap sekolah kita juga gerakan program tafisz, ( hafal Al-Qur’an) mulai dari jenjang pendidikan Dasar sampai tingkat SLTP، kita sudah ada kerjasama dengan tv Padang.

Untuk proses pelajaran di bulan Ramadhan mulai dari tanggal 18 Maret sampai 4 April 2024 dilaksanakan pesantren Ramadhan di setiap sekolah, sekolah di berikan kebebasan untuk memilih dimana tempatnya boleh di sekolah atau di masjid atau mushalla terdekat dari sekolah mereka.

Pada kunjungan Safari Ramadhan kali ini, tim X juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah kabupaten Sijunjung Dana Hibah sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluh juta rupiah) untuk membantu kelanjutan pembangunan Mesjid Hidayatul Muslimin Nagari Tamparunggo Kecamatan Sumpur Kudus.

Dan Acara Safari di tutup dengan Siraman rohani dari ustadz Heki Oktavianus , S.Pd.I.

Jp AK

Penulis: Jupri AK Editor: Jp AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *