Pj Bupati Bener Meriah Lakukan Pertemuan dengan Direktur Politeknik Enginering Pertanian Indonesia

Aceh, Bener Meriah.

Bener Meriah  Nasionaljurnalis.com

Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga kembali menjajaki kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kali ini, orang nomor satu di daerah penghasil kopi arabika itu, melakukan pertemuan dengan Direktur Politeknik Enginering Pertanian Indonesia (PEPI), Dr. Muharfiza, S.STP., M.Si.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kampus Serpong, Tangerang Banten, Kamis (19/10/2023), Pj Bupati Haili Yoga, didampingi Kadis Pertanian, Ir Abadi dan Kadiskominfo, Ilham Abdi, S.STP. Sementara, Direktur PEPI didampingi Vice Director II, Dr. Ir. Harmanto, M.Eng.

Pertemuan antara Pj Bupati Haili Yoga dengan Direktur PEPI, Dr. Muharfiza, S.STP., M.Si, merupakan upaya dalam melakukan kerjasama dengan sejumlah kampus serta lembaga pendidikan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Bener Meriah.

“Lima tahun kedepan, Kabupaten Bener Meriah harus memiliki sarjana-sarjana yang handal dan cerdas, untuk mewujudkan Bener Meriah yang lebih baik.

Maka, generasi lulusan SMA/SMK/MA harus kita kirim untuk sekolah dan belajar serta dapat d terima di berbagai universitas terbaik di Indonesia,” kata Haili Yoga usai pertemuan dengan Direktur PEPI.

Politeknik Enginering Pertanian Indonesia merupakan lembaga pendidikan dibawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang didirikan pada tahun 2019 lalu.

PEPI menghasilkan lulusan D III, serta mendidik untuk menjadikan hasil pertanian memiliki nilai jual lebih tinggi seperti tata kelola, packaging serta beberapa poin penting lainnya di bidang pertanian.

“Mengelola kopi dan hasil pertanian harus dengan Ilmu pengetahuan. Saat ini masyarakat mengelola kopi secara otodidak, maka kita perlu mengirim banyak generasi kita untuk belajar mengelola pertanian dengan ilmu pengetahuan,” sebut Haili Yoga.

Dikatakan, saat ini semua belum terkelola dengan baik, sehingga Pemda melalui Rencana Pembangunan Daerah (RPD) memiliki cita cita yang besar terhadap Bener Meriah. Salah satunya adalah peningkatan SDM, karena sangat penting untuk kemajuan daerah kedepannya.

“Jadi, para sarjana ini, nantinya tidak harus menjadi ASN, tapi lulusan pendidikan pertanian ini diharapkan mampu memberi contoh dalam pengelolaan pertanian di Bener Meriah.

Kami butuh lulusan lulusan pendidikan pertanian, sebab mayoritas masyarakat di Bener Meriah merupakan petani,” kata Haili Yoga.

Disisi lain, Kadis Pertanian Bener Meriah, Ir. Abadi, menambahkan jika Kabupaten Bener Meriah, membutuhkan peningkatan produksi pertanian. Apalagi kondisi saat ini, Bener Meriah hanya memiliki 48 orang punyuluh dan masih dibutuhkan sebanyak 148 lagi.

“Untuk mendongrak hasil produksi bisa lebih maksimal, sehingga dibutukan SDM yang baik dalam pengolahan lahan hingga paska panen,” tambahnya.

Di kesempatan itu, Pj Bupati Haili Yoga sempat bertemu dengan salah satu putra asal Kabupaten Bener Meriah yang menjadi mahasiswa semester 1 di PEPI. Mahasiswa asal Bener Meriah ini, merupakan alumni program Sekolah Belangi yang digagas oleh Pj Bupati Haili Yoga.

Diakhir pertemuan, Pj Bupati bersama dengan Direktur PEPI berkesempatan untuk berkeliling area kampus, berkomunikasi dengan mahasiswa di ruang kelas serta laboratorium dan sarana kampus lainnya. Pemkab dan PEPI, akan melakukan pembahasan MoU kerjasama Desember 2023 mendatang.

(Redaksi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *