SUMBAR  

Masyarakat Senang Dengan Di Adakan Pasar Murah OlehTPID Pemkab Pasaman Barat

Pasaman Barat, Sumbar.

Pasaman Barat Nasionaljurnalis.com-

Demi terjaganya inflasi daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Tim Pengengali Inflasi Daerah (TPID) mengelar pasar murah di Nagari Maha Karya Kecamatan Luhak Nan Duo, Kamis 23 November 2023.

“Kegiatan Pasar murah ini merupakan salah satu bentuk tangung jawab pemerintah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di tingkat konsumen sehingga daya beli masyarakat meningkat dan laju inflasi tetap terjaga”, terangnya.

Hal ini di ungkapkan oleh kepala dinas ketahanan pangan drh Ekadiana Octavia saat membuka pasar murah dengan Tema Peduli Rakyat.

Selanjutnya Ia mengatakan dengan adanya kenaikan harga komoditi pangan sejak beberapa bulan belakangan sehingga menjadi atensi Pemkab Pasaman Barat.

Ia menegaskan pasar pangan murah itu dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam membantu masyarakat disaat harga beras naik seperti saat sekarang.

“Dengan adanya operasi pasar murah ini bisa menekan naik nya harga pangan dan menjamin ketersediaan pangan yamg dibutuhkan oleh masyarakat”, Harapnya

TPID pasbar terus bekerjasama dengan pihak terkait agar program pasar murah tetap terlaksana.

“Program ini bekerjasama dengan perum BULOG Bukit Tinggi, rumah pangan kita, petani ran peternak yang ada di Pasaman Barat”, tutupnya

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Endang Rirpinta juga menambahkan, TPID terus memantau pergerakkan harga pangan di pasbar

pada saat sekarang tim TPID membawa
beberapa macam pangan seperti”

Beras Sphp : 5 ton dengan harga 57.500/ 5 kg,  Gula pasir : 250 kg dengan harga 15000/ kg, Minyak goreng : 250 L dengan harga 14000/L Telur : 100 Tray dengan harga 45000/ Tray,  Bawang merah : 100 kg dengan harga 22000/kg,, Cabe merah : 50 Kg dengan harga 62000/kg

“Kita juga melakukan pemantauan kenaikan harga pangan sambil melakukan pasar murah di nagari-nagari, kita sudah upayakan program pasar murah ini sejak 24 Oktober dan akan berlanjut sampai akhir November. akan kita upayakan harga tetap stabil” terangnya.

Kemudian ia juga menyampaikan beberapa keberhasilan program yang menjadi visi dan misi Pemerintah kabupaten Pasbar di bawah kepemimpinan Bupati Hamsuardi,

” Pertama berobat gratis, tahfidz quran serta pentingnya hemat pangan”, tutupnya.

Salah satu warga masyarakat, Yudi Kurniawan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah daerah dengan adanya menggelar pangan murah.

” Disaat harga pangan di pasaran merangkak naik seperti beras, cabe, bawang yg merangkak naik namun harga jual pangan pada pasar murah pada GPM ini jauh dibawah harga pasaran,ini sangat membantu masyarkat”, Ujarnya .

(Handro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *