SUMBAR  

Kakanwil Haris Sukamto Apresiasi Lapas Kelas III Talu Target Kinerja 88.59 Persen dengan Nilai IKPA 98,19 Persen Pada Tahun 2023

Padang, Sumbar.

Padang Nasionaljurnalis.com

Kalapas Kelas III Talu Supar selama Tiga hari melaksanakan kegiatan kerja tentang Pemaparan Pencapain Kinerja pada tahun 2023 yang di buka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat Haris Sukamto di Padang Kamis-Sabtu (30/11)-(2/12/2023).

“Alhmdulillah Lapas Talu telah memenuhi target kinerja 88,59 persen dengan nilai Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA) 98,19 yang sudah ditetapkan oleh Kementerian, baik dari sisi pengelolaan anggaran maupun target kinerja”, paparnya.

Hal ini disampaikan Kepala Lapas Kelas III Talu, Supar saat memaparkan capaian kinerja tahun 2023 di mercure Hotel Padang.

Kemudian ia melanjutkan ada beberapa aspek yang menjadi evaluasi capaian kinerja yakni, nilai IKPA, SAKIP, penyusunan laporan SPIP secara berkala dan pelaporan melalui aplikasi e-Smart, e-Monev, e-Performance dan e-Tarja yang berpengaruh kepada nilai capaian kinerja Lapas Talu.

Kemudian ia merinci persentase capain pertama tentang pelayanan makanan bagi WBP, target 80 persen terealisasi 100 persen dengan capain 125 persen, kesehatan dengan target 94 persen, terealisasi 100 persen dengan capain 106 persen.

Ia melanjutkan warga binaan yang mendapat remisi target 99 persen, terealisasikan 100 persen dengan capaian 101 persen, hak integrasi target 85 persen, terealisasi 100 persen dengan capain 118 persen.

Tentang pelatihan warga yang mendapatkan sertifikasi target 31 persen, terealisasi 44 persen, dengan capain 141 persen, mengenai WBP yang bekerja dan prduktif target 72 persen, terealisasi 100 persen dengan capaian 139 persen.

Lebih lanjut, Supar menerangkan untuk pengelolaan anggaran telah mencapai 88,59 persen, Sementara berdasarkan Indikator Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA) per 30 Oktober 2023 sebesar 98,19 persen.

Selanjutnya ia menyampaikan kendala yang dihadapi:
1. Kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan permasyarakatan.
2. Masih kurang nya SDM pengelolaan, penjagaan dan pembinaan
3. Kurangnya tenaga terampil di IT
4. Sering matinya sumber air dan listrik

Ia menambahkan di tahun 2024 yang akan datang nlapas kelas III Talu akan meyusun langkah-langkah strategis.

“kami akan melakukan penguatan terhadap pegawai, melakukan minitoring, pengawasan kinerja, melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan lintas sektor, terakhir akan menyusun kinerja capain target untuk tahun 2024 mendatang”, tutup nya

Kepala kanwil Sumbat Haris Sukamto dalam sambutan nya mengapresiasi capain kinerja dan realisas8 keuangan Lapas Kelas III Talu.

“Kita apresiasi capain kinerja dan realisasi keuangan lapas Kelas III Talu” ucapnya.

Rapat capain kinerja kanwil Kemenkumhan sumbar dihadiri beberapa instansi yang hadir adalah Ombudsman Sumbar, pihak Polda Sumbar, Kejaksaan, Pengadilan, DPJB Sumbar, unsur pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota, TNI, dan lainnya.

“Sengaja kami gelar secara terbuka agar mitra kerja bisa mengetahui secara detail apa yang telah kami kerjakan, sekaligus dapat menghimpun masukan untuk dievaluasi serta dijadikan pijakan pada tahun 2024,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *