SUMBAR  

Mahasiswa STAI Yaptip Sukses Adakan Lomba MTQ Di Nagari Muaro Kiawai Hilir, Wali Nagari Ucapakan Terima Kasih

Muaro Kiawai Hilir Nasionaljurnalis.com -Dukungan penuh dari masyarakat mahasiswa KKN angkatan ke-26 STAI Yaptip Pasaman Barat bekerjasma dengan KUA Kecamatan Gununung Tuleh sukses melaksanakan lomba MTQ antar TPQ se Nagari Muaro Kiawai Hilir pada bulan ramadhan 1445 H, Selasa 26 Maret 2024.

Acara lomba MTQ tingkat TPQ se Nagari Muaro Kiawai Hilir merupakan inisiatif para mahasiswa KKN, adapun kegiatan tersebut yang di buka langsung oleh Sekretaris Kecamatan Gunung Tuleh Sahdan.

Dalam sambutannya Sahdan mengatakan ia mengapresiasi para Mahasiswa KKN STAI Yaptip Pasbar, atas pengabdian mahasiswa KKN STIA Yaptip di Nagari Muaro Kiawai Hilir selama 40 hari ini kepada masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan lomba MTQ ini terutama untuk melatih mental para anak-anak dalam seni membaca Alquran serta hafalannya selain itu dengan adanya lomba MTQ ini akan mendapatkan bibit unggul nantinya” Harapnya

Mudah-mudahan dengan melaksanakan lomba MTQ akan melahirkan para qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Kecamatan Gunung Tuleh dimasa yang akan datang.

kemudian ia berpesan kepada peserta lomba “jadikanlah momen ini sebagai ajang bersilaturahmi dan membangkitkan semangat para generasi muda serta gemar untuk membaca Alquran” ucapnya

Kepala KUA Kecamatan Gunung Tuleh Jufri mengatakan semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi pesan dan kesan bagi anak-anak yang ditinggalkan oleh mahasiswa KKN.

“Kami sangat mengapresiasi karena kegiatan keagamaan seperti ini perlu dilaksanakan berkelanjutan agar anak-anak kita terus di pupuk dengan nilai-nilai Alquran” harap dia.

Sementara itu ketua pelaksana Adra Bomi menuturkan, Kegiatan lomba MTQ merupakan salah satu program Mahasiswa KKN STAI Yaptip ke-26 di Nagari Muaro Kiawai Hilir.

“Tujuan kami, mahasiswa KKN, mengadakan perlombaan ini tidak hanya sekedar lomba biasa, tetapi untuk membuat sebuah kenang-kenangan terakhir yang berkesan bagi masyarakat Muaro Kiawai Hilir serta untuk mempererat hubungan silaturahmi menggiring para generasi muda untuk mencintai dan gemar untuk membaca alquran”, tegasnya.

Kemudian ia menerangkan adapun tingkat yang dilombahkan diantaranya, Lomba tilawah surat albaqarah serta Hapalan ayat pendek juz amma kategori putra dan putri Anak-anak.

“Dalam kegiatan lomba ini di ikuti sebanyak 24 orang putra maupun putri adapun bagi para pemenang akan mendapatkan piala tetap serta uang saku adapun dewan juri kami di bantu oleh Kepala KUA serta Dai dari Nagari”, terangnya.

Sementara itu wali Nagari Muaro kiawai Hilir Yusman di dampinggi sekretaris nagari Ipendri mengucapkan terima kasih atas pegabdian mahasiswa selama 40 hari ini.

“kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN STAI Yaptip Pasbar di kami seperti membantu mendata penduduk, sosialisasi dan membantu mengajar kesekolah-sekolah TK, SD Semoga kegiatan ini menjadi pesan dan kesan bagi masyarakat sertq anak-anak kami yang ditinggalkan oleh mahasiswa KKN”, tutupnya

Acara Pembukaan lomba MTQ tingkat TPQ senagari Muaro Kiawai Hilir turut dihadiri dari pemerintahan kecamatan, KUA, pemerintah nagari, bamus serta masyarakat. (Handro)

Penulis: HandroEditor: riko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *