BPBD Bener Meriah Himbau Warga Agar Waspada Terjadi Bencana Alam

Redelong  Nasionaljurnalis.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah mengimbau warga agar mewaspadai terjadinya bencana alam tanah longsor serta banjir bandang, lantaran kondisi cuaca saat ini berpotensi diguyur hujan deras. Kamis, (18/04/24).

Dalam hal tersebut Kepala Pelaksana BPBD Bener Meriah, Safriadi, S.Pd.,M.Pd, menyampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan terbaru terkait prakiraan cuaca untuk sepekan ke depan.

Safriadi menuturkan BMKG memperingatkan potensi peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Sesuai dengan adanya peringatan dari BMKG tersebut, sehingga BPBD Bener Meriah mengeluarkan Himbauan kepada masyarakat agar dapat mewaspadai potensi bencana alam, termasuk yang bermukim di daerah-daerah rawan Longsor.

“Untuk itu, kami dari BPBD pun menghimbau masyarakat, terutama yang melakukan aktivitas dekat dengan sungai dan di tempat yang rawan tanah longsor agar lebih waspada,” ucap Safriadi.

Ia juga menyebutkan, adanya kombinasi deretan fenomena atmosfer sehingga dapat menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat.

“Hujan berpotensi disertai petir dan angin kencang dengan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tuturnya dalam imbauan.

Untuk itu, kepada masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan sekitarnya diminta untuk mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi risiko bencana tersebut.

Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan

Kemudian, bergotong-royong menjaga kebersihan dan menata lingkungan sekitarnya, Tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *