Blog  

Terangilah Nusantara ini Dengan Bacaan Al Qur’an

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung di Kecamatan Kamang Baru, Senin(24/6) siang dibuka secara meriah dan gegap gempita oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi,S.P di tanah lapang Nagari Kamang Baru.

Didampingi oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Wakil Bupati Iradatillah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten dan Beberapa Orang forkopimda , camat dan wali nagari Se kabupaten Sijunjung, serta Ninik mamak dan tokoh masyarakat

Diawali laporannya, Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung Bapak Iraddatilah, S.Pt menerangkan, pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 di Kabupaten Sijunjung diikuti 8 kafilah dari 8 kecamatan yang ada di Sijunjung. Di mana, terdapat 9 cabang yang terdiri dari 21 golongan yang diperlombakan, dan diikuti oleh 352 orang qori dan qoriah.

“Kita tentu bertekad, pelaksanaan MTQ Sijunjung akan melahirkan sosok qori dan qoriah terbaik, yang nantinya akan mewakili Sumbar pada ajang MTQ tingkat nasional,” ucap Wakil Bupati Sijunjung itu.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir ,S.S.T.P M.Si menyampaikan tantangan dalam pembinaan generasi muda saat ini semakin sulit. Oleh karena itu, ia berharap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Sijunjung juga menjadi momentum untuk lebih mendekatkan generasi muda kepada Al Qur’an dan generasi Qurani kedepannya

“Mari kita terus ramaikan masjid dan mushalla , sagar TPQ dan TPSQ yang ada di pelosok jorong kampung atau nagari mari kita gerakan mangaji sesudah magrib, melalui berbagai kegiatan, termasuk pendalaman pendidikan Al Qur’an, sehingga dari sana akan lahir calon qori/qoriah terbaik. Mereka juga akan menjadi generasi yang siap ilmu dan siap iman,” tegas Bupati Sijunjung itu

Gubernur menekankan, pendidikan serta perlombaan baca-tulis Al Qur’an harus digairahkan mulai dari tingkat jorong, dusun, dan kelurahan di Sumbar.

Yang tidak kalah penting Acara pembukaan MTQ ke 41 Tingkat Kabupaten Sijunjung dihadiri oleh Saudara Dasrizal, qori asal Sijunjung yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai MTQ Internasional di Malaysia dan Kuwait,” ujar Mahyeldi dalam sambutannya.

“Kita berharap MTQ Nasional tingkat Kabupaten Sijunjung ini dapat melahirkan banyak Dasrizal-Dasrizal baru,” tegas buya

Bung Hatta pernah berpesan, seterang apa pun obor obor yang mengelilingi Monas di Jakarta, itu tidak akan sanggup menerangi seluruh Indonesia. Tetapi perlu kita ingat apabila Bacaan Alquran bila di terangi di setiap jorong, desa, dusun, dan kelurahan dengan lilin-lilin kecil, maka seluruh Nusantara ini akan menjadi terang benderang. Menggairahkan pendidikan Al Qur’an adalah bagian dari upaya kita di Sumbar untuk menerangi Nusantara itu,” ujar Gubernur.

JP AK

Penulis: Jupri AK Editor: Jupri AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *