Untuk Keselamatan Alat Berat Dan Damtruk Di Peusijuk Tanda TMMD Ke 121 Di Mulai

Takengon Nasionaljurnalis.com

Sebelum pelaksanaan Pengerjaan semua alat berat dan damtruk di peusijuk atau disebut dengan tepung tawar, bertempat di lapangan sepak bola Kp. Gele Pulo Kec. Bintang Kab. Aceh Tengah. Rabu (25/07/24)

Kegiatan tradisi peusijuk ini dilaksanakan usai upacara pembukaan TMMD ke 121 oleh Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, Pamen Ahli Bid Ipol Kodam IM, Kolonel Inf Corry Sigalingging, Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, SE, M.Han, pemuka agama, tokoh masyarakat dan anggota Satgas.

Komandan Satgas TMMD ke 121, Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, SE, M.Han
mengatakan Mudah-mudah dengan tradisi peusijuk ini kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 berjalan lancar dan aman sampai dengan selesai.

Sebagai informasi, tradisi peusijuk atau tepung tawar adalah salah satu ritual adat dalam budaya masyarakat Aceh, yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan hingga kini masih terus dilakukan untuk memohon keselamatan, ketentraman, dan kebahagiaan dalam kehidupan sebagai bentuk restu dan doa keselamatan.

Lebih lanjut disampaikan, TMMD merupakan program di bidang teritorial yang bertujuan untuk membantu percepatan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat , harus benar-benar bermanfaat untuk masyarakat banyak dan mampu membantu pembangunan desa dalam sektor pangan maupun dari sektor ekonomi mandiri.

Harapannya dengan adanya akses jalan yang baru ini, dapat dimanfaatkan dan memudahkan masyarakat dalam menjual hasil kebun guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar semakin meningkat,” Tutup Komandan Kodim 0106/Ateng

Dalam kegiatan peusijuk tersebut tampak hadir Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, Pamen Ahli Bid Ipol Kodam IM, Kolonel Inf Corry Sigalingging, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, SE, M.Han, KasiTer Korem 011/LW Mayor Kav. Wahyu Fredi, Dansub PM IM 1/5 Aceh Tengah Lettu CPM Kaman Selian, Mewakili Kapolres Aceh Tengah Kabagsumda, Kompol Sopyan Yose, Ketua Mpu Aceh Tengah, Drs. Amri Jalaluddin.S.Ag, tamu undangan dan peserta upacara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *