Blog  

Nagari Padang Sibusuk Baralek Gadang Malewakan Gala Sako Adat Se Kenagarian Padang Sibusuk

oppo_2

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com hari ini Nagari Padang Sibusuk Baralek Gadang Malewakan Gala Sako Adat Se Nagari Padang Sibusuk
Acara gelaran malewakan Sako Adat ini di laksanakan pada hari ini Minggu 25 Agustus 2024 di Los Pasar Nagari dan Di Lanjutkan ke Balai Balai Adat Kerapatan Nagari Padang Sibusuk.

Di hadiri oleh Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi ,S.P , diwakili oleh Asisten III Bapak Adri Yulika, SH , Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir,S.S.T.P, M.Si serta Porkopimda , Porkopincam, Ninik Mamak Se Kecamatan Kupitan, Ninik Mamak dari Silungkang, anak nagari tentunya melalui proses serta tahapan yang penuh dengan dinamika tapi itu bisa diselesaikan.

Diawali dari kegiatan dari duduk badapu/ bakaum, bakampuang , basuku dan banagari dan tibalah pada hari yang bersejarah bagi anak kamanakan dalam nagari ” Melewakan gelar Sako Andiko di Balai Adat , dipasar nan rami, dilabuah nan panjang, di gelanggang yang bertirai” .. Karena mereka yang dilewakan sudah cukuik rukun syarat nyo, lah kanai agak agiehnyo, lah bulek aie dipambuluh, lah bulek kato jo mufakat, kok pandang sudah diukua, janji nan alah di pambuek, karajo nan ka di kakok serta mukasuik nan ka disampaikan.

Adapun Ninik mamak nan 4 jinih ini; Penghulu, Malin adat/pandito, Monti dan Dubalang. Mereka mempunyai fungsi, jika mereka Penghulu; Nan gadang basa Batuah, ( orang besar pemimpin bertuah berkesatian), nan diambak gadang dianjuang tinggi, nan tinggi tampak jauh, nan gadang jolong basuo.

Adapun Pandito; suluah Bendang dalam nagari, palito nan Idak amuah padam, duduaknyo bacamin kitek, tagaknyo rintang Jo pituah.
Begitu juga dengan Monti; itulah urang yang cadiak biopari, tau Jo ereng Jo gendeng, tau Jo cakah Jo kaik , mambuhue indak mambuku mauleh indak mangasan begitupun dengan Dubalang ialah Pari paga dalam nagari tau dengan dengan ribuik kamandingin tau dengan batang nan k maimpok.

Setelah Surat Keputusan KAN Nagari No 25/KAN.pds.VIII-2024 dibacakan oleh sekretaris diantara nama nama Ninik Mamak yang bergelar adat Datuk yang di Lantik adalah:
Vikqi Merta Aulia dengan gelar Adat Dt.Bijo dari suku Dalimo Panjang.
Rendi Refenando,S.Pd dengan gelar adat Dt.Tan Bandaro suku Caniago Mudiak
Kardinal,S.H dengan gelar adat Dt Nan Sati suku Caniago Tangah
Yose Chandra,S.H dengan gelar adat Dt.Tan Panghulu suku Caniago Tangah
Vakry Aldian Nisrah dengan gelar adat Dt. Alam Tan Cimono suku Caniago Hilie
Eka Hendra dengan gelar adat Dt. Imbang Joyo suku Ponggang Ateh
Lary Holm dengan gelar adat Dt.Panduko Rajo suku Ponggang Baliak
Hafizd Rahmat Insani dengan gelar adat Dt.Rajo Nan Gadang suku Melayu Kampai Tapi Balai
Adrian Novel Sutan Malano dengan gelar adat Dt.Bagindo Saripado suku Melayu Gadang
Usman Gumanti,M.M dengan gelar adat Dt. Bagindo Marajo suku Melayu Bawah Pauh.

Adapu gelar adat Pandito diantarnya:
Hanif Katik Malano dengan gelar adat Pandito Malano suku Ponggang Baliak
M.Hasbi Assiddiqi dengan gelar adat Pandito Alam suku Caniago Mudiak
Asrinal Pokiah Sampono dengan gelar adat Pandito Mudo suku Caniago Hilie
Tri Putra Yahdiqallah,S.H dengan gelar adat Pandito Sulaiman suku Sikumbang Guguk Tinggi
Irvan Gindo Kayo dengan gelar adat Pandito Manggagar suku Cupak Losuang Batu
Loki Oprasisko Gindo Rajo dengan gelar adat Pandito Marajo suku Melayu Bawah Pauh

Pelantikan dan Pembacaan Sumpah di bacakan oleh Ketua KAN dilanjutkan dengan pemasangan deta Kebesaran yang di dampingi oleh Bupati , Asisten III, Ketua LKAAM Sijunjung.

Maka kita berharap sungguh kepada niniak mamak yang ditinggikan seranting didahulukan selangkah..pakailah sifat Nabi Allah, yaitu Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah.

JP AK

Penulis: Jupri AK Editor: Jupri AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *