Blog  

Ketua PDM Sijunjung Usman Gumanti,M.M Dinobatkan Sebagai Datuak Bagindo Marajo Suku Melayu Bawah Pauh

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sijunjung Usman Gumanti, S.Pd, MM dinobatkan sebagai Datuak Bagindo Marajo pada Ahad (25/8/2024) di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan.

Acara Malewakan Gala Sako Adat se-Kenagarian Padang Sibusuk itu, dihadiri Gubernur Mahyeldi Dt. Marajo serta Bupati Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang dan Ketua LKAAM ZF. Dt. Gindo Jolelo.

Usman Gumanti Dt. Bagindo Marajo, suku Melayu Bawah Pauah dilewakan bersamaan dengan 15 orang pemangku adat lainnya se-Kenagarian Padang Sibusuk.

Sebanyak 376 “Jamba” dibawa oleh Bundo Kanduang pada prosesi sakral tersebut.

Aparat terkait, dari kepolisian, Polisi Pamong Praja serta Dinas Perhubungan dikerahkan guna mengatur arus lalu lintas, karena arak-arakan melewati Jalan Lintas Sumatera.

“Semoga Bapak Usman Gumanti Dt. Bagindo Marajo dari suku Melayu bawah Pauh menjadi pemimpin yang siddiq, amanah, fathanah dan tabligh,” demikian harapan Herman selaku ketua Lazismu Kabupaten Sijunjung.

Acara dimulai tadi malam dengan Malam Bajago-jago yang di hibur dengan penampilan tari kreasi anak negri dari mahasiswa ISI Padang Panjang dan Penampilan selawat dulang Racun Dunia dan Talago Indah dari Grup Seni Budaya Alam Minang Padang Sibusuk dan pagi harinya Arak arakan jamba sepanjang jalan lintas Padang Sibusuk dan siangnya dilanjutkan makan bajamba yang lebih kurang 376 buah jamba untuk menutup acara Malewakan Gala Sako Se Kenagarian Padang Sibusuk itu

JP AK | AG

Penulis: AGEditor: Jupri AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *