Wartawan Senior Gayo Jadi Wasit PON

NASIONALJURNALIS.COM TAKENGON( Rel)- Wartawan senior dari negeri penghasil kopi arabika terbaik dunia mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan dalam event PON ke XXI Aceh- Sumut.

Bahtiar Gayo, wartawan kompeten Utama yang sudah 34 tahun menekuni dunia Pers di Gayo Lut ini menjadi wasit Cabang Olahraga (Cabor) Catur yang akan berlangsung di Hotel Sibayak, Berastagi, Sumatera Utara, 9 sampai 20 September 2024.

Penasehat PWI Aceh Tengah ini sudah mengikuti tahapan ujian kenaikan tingkat wasit nasional Cabor Catur, sejak dari jenjang Wasit Nasional Pratama (WNP), kemudian Wasit Nasional Madya (WNM), hingga mendapat sertifikat Wasit Nasional (WN).

“Terima kasih kepada Percasi Aceh Tengah yang sudah mensupport hingga ada wasit nasional dari Gayo. Terima kasih Percasi Aceh atas dukunganya, sehingga Aceh mendapat kepercayaan tiga wasit dalam event PON ini,” sebut Bahtiar Gayo, Rabu (04/09/2024) ketika diminta tanggapanya.

Menurut wartawan Waspada yang kini juga sebagai Pimred Dialeksis.com ini, ada tiga wasit dari Aceh yang mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan di PON Cabor Catur. Ada Nisa AF, wasit Fide, Dian Maulana MN dan satu lagi dari negeri dingin penghasil kopi.

Untuk mendapatkan jenjang kenaikan tingkat sebagai wasit Catur Nasional, wartawan yang sering membuat tulisan mendalam serta feature ini mendapatkanya tidak mudah. Namun berkat dukungan Percasi Aceh Tengah dan Percasi Aceh, ahirnya dia mampu meraih jenjang wasit catur nasional.

Awalnya dia mengikuti ujian sebagai wasit pada Juli 2017 di Bogor dalam sebuah event Kejurnas. Kemudian mengikuti ujian kenaikan tingkat di Kejurnas Banda Aceh pada Oktober 2018, dilanjutkan mengikuti ujian (magang) pada Kejurnas Maret 2023 di Jakarta.

Ahirnya pengurus Besar Percasi Indonesia yang ditanda tangani ketua umum Drs. GM. Utut Adianto, mengeluarkan sertifikat yang menyatakan wartawan senior Gayo Lut ini, resmi sebagai wasit nasional.

Selain pernah menjadi wasit pertandingan catur di Kejurnas, wartawan yang gemar berkebun kopi ini juga sering menjadi wasit catur dalam berbagai event di Aceh. Kini dia bersama dua wasit Aceh lainya dipercayakan sebagai wasit PON ke XXI.

Selain wasit catur, ada atlit Aceh Tengah Cabor Catur Marzuki Tarigan yang berlaga di PON. Seharusnya ada satu lagi atlet andalan Aceh, Irwandi MN yang diharapkan mampu mengukir sejarah untuk Aceh.

Namun sayang wartawan ini yang meraih medali emas di vent Chess Open Internasional di Malaysia tahun 2022 lalu, tidak ikut dalam PON. Karena saat Pelatda PON Aceh, atlet Catur ini dia sedang disibukan dengan Pileg 2024 lalu, ahirnya dia tidak dimasukan sebagai atlet PON Aceh.

Negeri Gayo sudah banyak melahirkan atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga yang kini diberikan kehormatan bertarung di PON XXI. Selian atlet dari negeri ini juga muncul wasit yang memimpin pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *