Sosialisasi Pengawasan Bersama Media Dalam Menjaga Netralitas Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024

Redelong Nasionaljurnalis.com

Bener Meriah, Jum’at 20/09/2024.
Ketua Panwaslih Bener Meriah Surahman, M. Pd Mengajak Media Untuk menjaga melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pilkada Tahun 2024.Ju’mat 20/09/2924.

Ketua Panwaslih Bener Meriah menyampaikan, Tanggal penetapan para kandidat 22 September.

“Harapan kami tekan media untuk mengawasi semaksimal aturan Damai dan Aman.

” Dalam mengawasi pelanggaran, Media harus menjaga netralitas dan berita seimbang “, kata Surahman dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Pengawasan Bersama Media Dalam Menjaga Netralitas Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024-2029.di Cafee Lima Raya,jalan terminal ke tipis Bener Meriah.

Jurnalisa Ketua Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI ) Aceh Tengah Memaparkan, Proses pil kada 2024 telah bergulir dan sudah berlangsung, tak pelak, dalam berberapa bulan kedepan dinamika sosio politik di Indonesia dan lokal bener meriah dan aceh Tengah bakal meningkat.

Dinamika Tesebut bakal terlihat dan terbaca dari peliputan pers.

Peran wartawan adalah mendukung pemilu yang berkualitas, menberikan pendidikan pada pemilih tentang demokrasi dan pemilu sebagai salah satu sarana mencapai demokrasi, katanya.

Perinsip peliputan pemilu. Independensi pers dan wartawan. Independen adalah memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan.

Lanjut, dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers, ( Pasal 1 kode etik jurnalistik).

Dewan Pers mengajak agar pers memainkan peran sebagai sarana pendidikan politik yang baik, dengan tetap menjaga independensi dan sikap kritis, tidak terjebak menjadi alat kampanye pihak pihak yang berkompetisi, apalagi menjadi sarana kampanye negatif.

Pers diharapkan memilih informasi dan materi kampanye dengan mengedepankan prinsip jurnalisme damai, papar Jurnalisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *