Blog  

Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah Hadir Pada Acara Bakaua Adat dan Peresmian Rumah Bakaua Desa Kampung Baru

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung menggelar tradisi Bakaua Adat di tempat rumah bakaua yang terletak di Bukit Ponggang Dusun Koto Lamo Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan pada hari Kamis, 12 September 2024.

Kepala Desa Jalnibus,M.M mengatakan Pelaksanaan Bakaua Adat kali ini sekaligus kita lakukan peresmian rumah tempat bakaua yang baru kita bangun dari sumber Dana Desa tahun 2024 dan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT atas sawah yang dipanen selalu melimpahkan rezeki.

Bakaua adat sendiri merupakan tradisi asli turun temurun beberapa daerah Minangkabau. Tradisi ini dilakukan untuk menentukan waktu turun ke sawah (masa tanam) secara serentak sekaligus wujud syukur setelah panen sebelumnya.

Adapun tujuan bakaua merupakan pertanda di mulainya kegiatan turun ke sawah secara bersama ( serentak ) oleh 6 Kelompok Tani Keltan Basrah, Keltan Spontan, Keltan Sopan Pasak 1, Keltan Sopan Pasak 2, Keltan Lurah Sak, Keltan Kupitan Ponggang dengan luas hamparan sawah 75 ha dan tak kalah penting tujuan kita bakaua ini memperkuat Silaturahmi serta melestarikan budaya Bakaua yng yang kita lakukan satu kali dalam setahun.

Pada acara Bakaua Adat di Desa Kampung Baru hari ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah,S.P, Ibu Kejari Sijunjung, Anggota DPRD Sumbar, Ustad Syofian Hendri , S.P.dI, M.M, anggota DPRD Sijunjung Hadiatullah Montela, 12 orang Kepala OPD lingkup Pemda
BPK wilayah 3 Sumbar, BPJS ketenaga kerjaan Solok, ketua Baznas Sijunjung, Wali Nagari Se Kecamatan Kupitan, Wali Nagari Supayang , Wali Nagari Mundam Sakti beserta Ketua KAN dan Ninik mamak, Pengurus IKBK Kota Solok sebanyak 2 bus pariwisata, pengurus IKBK Provinsi Riau , Pengurus IKBK Kota Padang, Pengurus IKBK Darmasraya, Forkopincam, LAD Desa Kampung Baru dan Ninik mamak , Perangkat Desa Lembaga Desa, dimana saat itu juga kita saksikan Bundo Kanduang manju juang dulang sebanyak 54 orang dan Mambawa Rantang 100 orang.

Wakil Bupati Sijunjung dalam sambutannya berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan komunikasi dan tali persaudaraan di masyarakat Desa Kampung Baru

“Inti dari acara ini adalah bisa lebih mengucap syukur kepada Allah SWT atas hasil panen padi yang melimpah. Dan mempererat tali silaturahmi kita semua yang hadir saat ini,” sebutnya.

Sebelum kegiatan Peresmian Rumah Bakaua dan proses bakaua di mulai hari itu pagi pagi sudah dilakukan Proses Penyembelihan Kerbau Betina dengan perkiraan daging lebih kurang 150 kg oleh Pandito Kayo Suku Sikumbang Gadang dan disaksikan oleh Datuk yang 4 suku dan kemenakan di lokasi tempat rumah bakaua

JP AK

Penulis: Jupri AK Editor: Jupri AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *