Kodim 0119/BM: Gelar Upacara Puncak Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78

Aceh, Bener Meriah, TNI.

Redelong  Nasionaljurnalis.com

Komando Distrik Militer 0119/Bener Meriah menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 tahun dilapangan Makodim setempat, Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jumat 15/12/2023.

Komandan Kodim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan S.E.,M.Han selaku Inspektur Upacara membacakan Pesan Panglima Besar Bapak Jendral Sudirman (almarhum) diantarannya, Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasadku ini, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan kuhadapi dimana Tekad Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya dan Tentara bukanlah serdadu sewaan, tetapi prajurit yang beridiologi yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran tanah air.

Lanjut Letkol Ino, Percayalah dan yakinlah bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan diatas himpunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat serta bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia siapapun juga. Berjuanh terus, Insa Allah Tuhan melindungi perjuangan suci kita.

Selanjutnya Dandim membacakan amanat Bapak KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc. mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023 kepada segenap prajurit dan Pegawai negeri sipil (PNS) ⁰TNI AD dimana seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan atas limpahan rahmat -NYA.

Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga serta harta bendanya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Untuk itu TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personil, Alutsista maupun Doktrin. Peningkatan kemampuan dipedalam menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks. Ujar Dandim.

Saat ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan, seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial. Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut, TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam
ancaman yang semakin kompleks. Terang Dandim.

Selain itu, Dandim mengatakan TNI AD berperan aktif dalam pelestarian alam yang merupakan tanggung jawab bersama, pencegahan dan penanggulangan bencana alam, restorasi ekosistem dan edukasi lingkungan, untuk itu dengan semangat Hari Juang TNI AD ini, mari kita bersama-sama memperkuat kemanunggalan TNI AD-Rakyat, meningkatkan kemampuan dan
berperan aktif dalam pelestarian alam.

Mari kita bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap
sedia untuk membela keutuhan NKRI.

Kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024, belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran

Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI. Tutup Letkol Ino.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *