LANGSA  

Pj. Walikota Langsa Syaridin S.Pd., M.Pd secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 38 Penjabat (Pj) Geuchik.

 

Langsa.Nasionaljurnalis.Com

Syaridin mengucapkan selamat kepada Penjabat Geuchik Gampong dalam wilayah Kota Langsa yang sudah dilantik pada hari ini Kamis (11/07/24) di aula Cakra dan dipercayakan untuk mengemban amanah sebagai Penjabat Geuchik untuk melanjutkan pembangunan di Gampong.

“Saya berharap agar Saudara/i selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat serta mendukung pembangunan Pemerintahan Kota Langsa, Provinsi dan pembangunan Nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pj Walikota Langsa juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Geuchik sebelumnya yang telah menuntaskan tugasnya sebagai Geuchik periode 2018-2024.

“Semoga pengabdian Saudara/i menjadi sebuah amal kebaikan yang diterima oleh Allah SWT,” ucapnya.

Syaridin mengingatkan bahwa Geuchik adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Karenanya Geuchik dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

Karena itu pula, peran dari Geuchik berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah. Tugas yang cukup berat diemban oleh Geuchik mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan Otonomi Gampong tersebut dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, setelah dilantiknya Penjabat Geuchik hari ini, Saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Ciptakan suatu konsep pelayanan prima pada Pemerintahan Gampong, hubungan kerjasama yang baik dengan Tuha Peuet Gampong serta peran aktif dari seluruh staf sehingga pelaksanaan tugas administrasi kedinasan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama,” ujarnya.

Pj Walikota berpesan kepada para Pj Geuchik yang baru dilantik pertama katanya, segera pelajari dan pahami tugas, kewajiban, dan wewenang Saudara/i sebagai Geuchik. Jalinlah komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan yang ada di Gampong, terutama dengan Tuha Peuet Gampong sebagai mitra Pemerintah Gampong.

Kedua, setelah pelantikan ini hendaknya Saudara/i segera membenahi masalah sumber daya aparatur, sumber pendapatan Gampong dan penerapan managemen yang baik, demi terealisasinya penyelenggaraan Pemerintahan Gampong yang baik dan penyaluran anggaran Dana Gampong yang bersumber dari APBN dan APBK Gampong untuk dapat melaksanakan dan mempertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

Dan ketiga sambungnya, Pemerintah Gampong dan Tuha Peuet Gampong harus bisa memahami kondisi di wilayahnya masing-masing.

Gampong harus mempunyai data yang jelas dan valid, mulai dari data berapa warga miskin di gampongnya, data stunting, data aset di gampong, data potensi wilayah, serta data-data lainnya. Dengan data ini, Geuchik maupun aparatur gampong lainnya akan mudah menyusun program dan arah pembangunan dalam menjalankan roda pemerintahan serta membina masyarakatnya.

“Saya mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara/i yang baru saja dilantik sebagai Penjabat Geuchik. Jabatan adalah sebuah amanah, karena itu pemegang jabatan harus betul-betul berbuat yang terbaik untuk masyarakat yang dipimpinnya. Karena kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT atas semua kebijakan yang diterapkan selama kepemimpinannya,” tutup Syaridin.

Sementara itu kepala DPMG kota Langsa Al Azmi S.STP., M.AP menjelaskan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj Geuchik dalam rangka mengisi kekosongan kepemimpinan Geuchik di Gampong yang telah berakhir masa jabatannya.

Serta menindaklanjuti surat Mendagri nomor 100.3.4.5/244/SJ.TGL.14 Januari 2024 maka pelaksanaan pemilihan Geuchik kembali dilaksanakan setelah selesai semua tahapan pemilu dan penetapan hasil pemilu 2024 dengan tetap berpedoman pada undang-undang yang berlaku.

“Dan pelaksanaan pemilihan Geuchik serentak (Pilciksung) akan kembali dilaksanakan pada bulan Maret 2025,” imbuhnya.

Pelantikan Pj Geuchik turut hadir unsur Forkopimda Kota Langsa, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Kota Langsa, Kepala DPMG Kota Langsa, Para Geuchik Dalam Wilayah Kota Langsa dan tamu undangan lainnya.

(Wan.D)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *