Polsek Meurah Dua Intensifkan Patroli Hotspot untuk Cegah Karhutla di Pegunungan Pidie Jaya

Pidie Jaya Nasionaljurnalis.com

Dalam upaya mencegah meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Anggota Polsek Meurah Dua Polres Pidie Jaya melakukan pengecekan titik hotspot di kawasan pegunungan Meuko Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada Minggu, 21 Juli 2024. Pukul 21.00 Wib.

Dipimpin oleh Kapolsek Meurah Dua, Ipda Jailani, S.E., personel Polsek melakukan pengecekan ke lokasi yang terindikasi adanya hotspot.

Berdasarkan koordinat lokasi 5.029370, 96.234120, yang terletak di area pegunungan, pengecekan dilakukan menggunakan kendaraan patroli. Namun, titik api tidak dapat dijangkau secara langsung karena medan yang sulit diakses.

Kapolres Pidie Jaya, AKBP Ahmad Faisal Pasaribu, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Meurah Dua, Ipda Jailani, S.E., menjelaskan, “Kami langsung melakukan pengecekan ke TKP berdasarkan koordinat yang terdeteksi. Namun, medan yang sulit membuat titik api tidak bisa dijangkau. Kami tetap waspada dan akan terus memonitor situasi.”

Selain melakukan pengecekan, Kapolsek Meurah Dua juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

“Kami mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Jika ditemukan adanya Karhutla yang dilakukan dengan sengaja, pelaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Ipda Jailani.

Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana yang lebih besar akibat Karhutla.

Masyarakat diharapkan dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan di wilayah Pidie Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *