Blog  

Ketua PDM Kabupaten Sijunjung, Buya Usman Gumanti, S.Pd Buka Muscab Muhammadiyah Kecamatan Kamang Baru

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sijunjung Buya Usman Gumanti, S.Pd.MM menyampaikan, Muhammadiyah lahir dan besar dari kebersamaan atau berjemaah.

Hal itu diungkapkan Buya Usman Gumanti saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Muhammadiyah dan Aisyiyah Kecamatan Kamang Baru di GPU Jorong Sungai Tambang I Nagari Kunangan Parit Rantang, Ahad (1/10).

Lebih lanjut Usman mengatakan, dengan kebersamaan itulah,  walaupun dimulai oleh seorang manusia Hiyai Haji Ahmad Dahlan, pada tahun 1912,  waktu itu sebuah gerakan,  memotivasi dalam pergerakan perjuangannya di  Negara Republik Indonesia ini

Muhammadiyah sampai hari ini konsen kepada urusan pendidikan, dakwah dan urusan sosial. Alhamdulillah, pada saat ini sudah mulai masuk kepada urusan ekonomi.

Kepengurusan pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Sijunjung ini, baru minggu pekan lalu dikukuhkan. Alhamdulillah  di Kecamatan Kamang Baru sudah melakukan muscab saat ini. Yang sudah ada pengurus Cabang periode 2023-2028 di Kabupaten Sijunjung baru 3 cabang yakni Kecamatan Sumpur Kudus, Lubuk Tarok dan Kamang Baru insya Allah akan terpilih pengurus baru hari ini.

Disebutkan Usman, Muhammadiyah lahir dan hadir bukan untuk bersaing dengan organisasi Islam lainnya, tetapi prinsipnya Rahmatan Lil ‘alamiin.”Mari kita tampilkan kepribadian Muhammadiyah dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Aisyiyah dan Pemuda Muhammadiyah yang baru, Usman, mengharapkan dapat melakukan gerakan atau momen kegiatan untuk dapat diketahui keberadaan Muhammadiyah dalam lingkungan masyarakat.

Usman juga menghimbau pengurus yang terpilih nanti, bersama-sama membesarkan Muhamadiyah di Kamang Baru dimulai dari gerakan pendidikan, semoga kedepannya lahir dan tumbuh tokoh tokoh pemimpin yang handal dari Muscab hari ini.

Pembukaan Muscab Muhammadiyah dan Aisyiyah Kecamatan Kamang Baru ini dihadiri PDM, Aisyiyah, NA dan IPM Kabupaten Sijunjung, Camat diwakili Kasi Kesra Srihendraini,S.Pd.I.Kepala KUA Abdurahman, S.Pd.I., Ketua MUI Drs.Heranto, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Mukhlis, S.Hi., dan Wali Nagari Kunangan Parit Rantang diwakili Sekretaris Nagari Ilvendri.

Pada kesempatan pembukaan Muscab Muhammadiyah tersebut, Ketua PDM Kabupaten Sijunjung Usman Gumanti berkenan menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh masyarakat setempat Kasman (70) atas pengabdian dan partisipasinya yang cukup luar biasa kepada organisasi Muhammadiyah Kecamatan Kamang Baru selama ini.

Ketua pelaksana Muscab Herman dalam laporannya, menyampaikan kegiatan muscab ini terlaksana berkat kerjasama PC Kamang Baru dan peran serta aktif dari Pengurus dan anggota Muhammadiyah Ranting Kunangan Parit Rantang

Muscab Muhammadiyah dan Aisyiyah Kecamatan Kamang Baru mengangkat tema” Aktualisasi Gerakan Muhammadiyah dan Aisyiyah Menuju Masyarakat Kamang Baru yang Berkemajuan” diawali dengan melagukan Indonesia raya, mars Sijunjung dan mars Muhammadiyah itu dihadiri lebih 100 orang anggota Muhammadiyah se Kamang Baru.

Ikut memberikan sambutan PC Muhammadiyah periode sebelumnya Ustadz Afriyendri menyampaikan terimakasih atas partisipasi anggota pengurus ranting Kunangan Parit Rantang dan Ketua Pemuda Cabang Kamang Baru.

“Dalam harapkan lahir dalam Muscab ini Generasi Muda Muhammadiyah yang akan memimpin Muhammadiyah yang Amar Makruf nahi mungkar, sehingga Muhammadiyah bangkit dan matahari itu tetap bersinar di Kamang Baru,” harap Afriyendri.

Sedangkan Kepala KUA Abdurahman, S.Pd.I mengutarakan, organisasi Muhammadiyah telah banyak membantu pemerintah dalam dunia dakwah dan pendidikan dan lainnya, sehingga syi’ar agama Islam membumi di Kamang Baru ini.

Sekretaris Nagari Kunangan Parit Rantang Ilvendri, mengapresiasi semua panitia pelaksana yang telah mengangkat muscab Muhammadiyah ini, semoga nantinya terpilihnya Pengurus baru Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Kamang Baru.

Ketua MUI Kamang Baru Drs.Heranto dalam sambutannya menghimbau “mari kita bersama untuk umat, jangan sampai sesama organisasi Islam saling merendahkan dan saling menyalahkan, bila itu yang terjadi maka orang diluar kita akan senang dan gembira melihat ketidak kompakkan kita”.

“Bersama sesama organisasi, bersama dengan pemerintah baik kecamatan maupun nagari untuk melanjutkan kegiatan pembangunan. Terima kasih kepada Pengurus Cabang sebelumnya yang telah beraktivitas dalam mengayomi anggota Muhammadiyah selama ini,” ungkap Heranto.

Dalam muscab Muhammadiyah tersebut terpilih secara aklamasi Emriadi, S.Ag sebagai Ketua dan 13 orang Pimpinan Cabang lainnya.

Jp Ak | GP | Herman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *