Kunjungan Malaysia ke Lapas Kelas I Medan untuk Bertukar Pengalaman dalam Sistem Pemasyarakatan Narapidana

Sumut,Lp Kelas 1Medan.

Medan Nasionaljurnalis.com

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan adalah salah satu lembaga pemasyarakatan di Indonesia yang menampung narapidana dengan tingkat kejahatan yang cukup berat.

Pada tanggal 12 Oktober 2023, Lapas Kelas I Medan menerima kunjungan dari Jabatan Penjara Malaysia yang dipimpin oleh Timbalan Pengarah Penjara Negeri Selangor dan Kuala Lumpur, Kamarulzaman Bin Ismail.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua negara dalam hal penanganan narapidana serta sistem pemasyarakatan yang ada di Indonesia dan Malaysia.

Selain itu, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk bertukar pengalaman dan berbagi ide terkait sistem rehabilitasi dan mental bagi para narapidana.

Pada saat kunjungan, rombongan Jabatan Penjara Malaysia disambut dengan penyematan ulos oleh pegawai Lapas Kelas I Medan dan diiringi oleh tarian traditional Batak, yaitu Tortor dan Gondang Batak.

Hal ini menunjukkan keramahan dan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak.Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian menyatakan bahwa pihaknya siap untuk berbagi informasi terkait pelaksanaan penyelenggaraan layanan Pemasyarakatan hingga pelaksanaan rehabilitasi dan mental di Lapas Kelas I Medan.

Ia mengharapkan bahwa kunjungan tersebut dapat membawa banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

“Ini adalah langkah baik dari kedua negara untuk saling mengenal serta berbagi pemahaman dan pengalaman positif terkait penangan penyelenggaraan Pemasyarakatan dan pemenjaraan Malaysia,” ungkap Maju.

Selanjutnya, Timbalan Pengarah Penjara Negeri Selangor dan Kuala Lumpur Malaysia, Kamarulzaman Bin Ismail juga menyambut baik kunjungan tersebut dan menyampaikan tujuan lawatannya.

“Tujuan lawatan kami adalah mencari pengalaman, bertukar pandangan serta idea terutamanya dalam system pemulihan dan juga mengeratkan hubungan silaturrahim di antara pegawai dan kakitangan melibatkan kedua dua negara,” ujarnya.

Ia ingin mencari pengalaman, bertukar pandangan, dan ide terutamanya dalam sistem pemulihan narapidana.

Lebih lanjut, ia juga ingin mengeratkan hubungan silaturrahim antara pegawai dan kakitangan di kedua negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Kabid Kegiatan Kerja dan juga Pelaksana Harian Kalapas Kelas I Medan, Eben Haezer Depari.

Ia menjelaskan tentang profil Lapas Kelas I Medan, pelatihan moralitas bagi warga binaan, pembinaan kerohanian, pembinaan narapidana kasus terorisme, dan 16 jenis kegiatan kerja yang tersedia bagi para narapidana di Lapas Kelas I Medan.

Dengan kunjungan ini, diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik dan saling mendukung antara Indonesia dan Malaysia dalam hal penangangan narapidana dan sistem pemasyarakatan. (HAR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *