Koperasi dan Tantangan Ekonomi Oleh : Aris supratman S.Pd.I Ketua 1 pemuda Muslim Sumatera Barat Sekretaris partai PBB

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Kata seorang tokoh muda ranah lansek manih Saudara Aris supratman S.Pd.I Ketua 1 pemuda Muslim Sumatera Barat Sekretaris partai PBB

Ekonomi memang menjadi kebutuhan setiap Daerah karna Tampa ekonomi sangat sulit Masyarakat bisa melakukan pembiayaan untuk menunjang kehidupan mereka di tengah arus global yang makin mendekat.

Apalagi sekarang per ekonomian semakin susah berjalan dengan baik karna kurangnya manajemen, Pemasaran dan permodalan yang di miliki oleh masyarakat, sehingga banyak usaha-usaha kecil masyarakat yang gulung tikar di akibatkan kalah saing dengan para pemilik modal yang mempunyai manajemen yang bagus, modal yang banyak di tambah lagi campur tangan tekhnologi yang membuat para pemilik modal menguasai per ekonomian baik dengan skala Nasional maupun skala daerah.

Dalam era globalisasi pada saat ini dan masa-masa mendatang untuk menyongsong liberalisasi perdagangan peranan pemerintah makin kecil, bahkan kebijaksanaan pajak impor dan subsidi akan dihapuskan bila sampai waktunya. Dengan demikian peran serta pihak swasta, yaitu perusahaan-perusahaan besar sangat diperlukan untuk mengisi dan melengkapi berbagai program pemerintah. Pihak pengusaha yang berada pada posisi yang kuat dapat membantu pengusaha kecil pada posisi yang lemah dalam bentuk jaringan kemitraan.

Untuk itu dalam meng antisipasi dan pengembangan ekonomi kerakyatan yang ber azaskan ke gotong royongan semua lini harus ambil peran dalam menangani masalah ekonomi kerakyatan hari ini. Di tambah lagi baru-baru ini kebijakan pemerintah se akan-akan kurang pro pada masyarakat bisa di lihat melalui kenaikan BBM, Listrik dan harga bahan pokok yang kurang bisa di intervensi oleh pemerintah sehingga nya masyarakat kewalahan dalam menghadapi kondisi ini.

Untuk itu pemerintah sudah seharusnya ambil peran dalam menangani masalah ekonomi pemerintah jangan terlalu di biarkan para pemilik modal yang mengkop segala bentuk usaha ekonomi. Dan untuk itu pemerintah harus mendorong pee ekomian masyarakat mengarah kepada ekonomi yang ber azaskan kekeluargaan dan ke gotongroyongan untuk menopang ekonomi kerakyatan.

Dengan adanya pembiayaan koperasi,koperasi bisa mendorong masyarakat untuk melakukan usaha ekonomi baik itu dalam usaha pertanian perkebunan, peternakan, maupun industri rumahan yang mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Melalui koperasi, koperasi bisa memberikan modal kepada petani untuk melakukan usaha-usaha yang di lakukan oleh petani, dan koperasi juga bisa melakukan kerja sama dan bermitra dengan pemerintah terkait pengembangan sumber daya Manusia, pengembangan pertanian berbasis teknologi dan pemasaran yang mengarah pada digitalisasi

Dan koperasi juga bisa melakukan kerjasama dan bermitra dengan pihak-pihak luar yang bisa menampung hasil-hasil UMKM masyarakat maupun usaha-usaha yang non UMKM.

Dengan strategi ekonomi kerakyatan ini daerah bisa menuju Swasembada di berbagai bidang untuk mencapai daerah yang berkemajuan melalui pemberdayaan usaha masyarakat melalui koperasi yang ber asaz kekeluargaan dan kegotong royongan,
Kata Aris supratman S.Pd.I

Jp Ak|Aris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *