Blog  

Lahirkan Sarjana Berkualitas dan Berwawasan, Universitas Samudra Kembali Lakukan Wisuda

Nasionaljurnalis.com Langsa

Universitas Samudra (Unsam) Kembali lakukan wisuda Sarjana Periode II Tahun 2023, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 609 wisudawan serta wisudawati dari beberapa Fakultas dengan rincian sebagai berikut:

Fakultas Hukum sebanyak 55 wisudawan, Fakultas Ekonomi sebanyak 51 wisudawan, Fakultas Pertanian Sebanyak 69 wisudawan, Fakultas KIP sebanyak 254 wisudawan, Fakultas Teknik 180 wisudawan.

Dari keseluruhan total para wisudawan, beberapa Wisudawan degan prestasi terbaik atau “CUMLAUDE” yang mampu menyelesaikan studi dengan cepat dan baik berjumlah 4 wisudawan, acara tersebut berlangsung sukses mengambil tempat Gedung Multi Guna Kampus setempat, Kamis (5/10).

Rektor Universitas Sudra Prof.Dr.Ir. Hamdani,MT,.IPM dalam sambutan pidatonya memaparkan, Para Wisudawan yang saya banggakan, hari ini adalah moment bersejarah dalam kehidupan kita semua.

Sebagai rektor Universitas Samudra, saya merasa sangat bangga dan berterima kasih bisa berada disini bersama anda semua untuk merayakan pencapaian luar biasa ini.

Bagi para wisudawan dan wisudawati, hari ini adalah tonggak penting dalam perjalan hidup anda. anda telah melewati tahun-tahun belajar yang penuh dengan tantangan, kerja keras, dan dedikasi yang luar biasa, kata Rektor dalam pidatonya.

Lanjut Rektor lagi, “Anda telah membuktikan bahwa dengan tekad dan ketekunan, Anda mampu meraih mimpi, sebagai wujud syukur, sudah sepantasnya kita mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang maha esa, kepada orang tua, para dosen dan pembimbing, sebab tanpa mereka, kita tidak akan sampai pada titik ini, sambung Rektor lagi.

Para Wisudawan yang saya banggakan, Sebagai Rektor izinkan saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Samudra mengucapkan “SELAMAT ATAS GELAR YANG DI RAIH” semoga ilmu yang saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di universitas Samudra menjadi Ilmu yang bermanfaat bagi diri saudara, masyarakat, dan bagi bangsa Indonesia.

Mari kita terus berkembang, belajar, dan berkontribusi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Anda merupakan harapan serta inspirasi bagi banyak orang yang melihat kedepan untuk mencapai tujuan bersama.

Para Wisudawan yang saya banggakan, Pada hari ini, saudara sekalian telah menjadi Alumni Universitas Samudra. Karena itu, saya berpesan agar saudara bisa menjaga nama baik almamater.

Tampillah penuh dengan percaya diri sebagai pribadi dengan spirit Universitas Samudra yang SEMERBAK, artinya mampu memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dimanapun saudara berada menjadi pribadi yang luar biasa dan rendah hati, Excellence with Morality.

Selain itu, ingatlah bahwa saudara adalah seorang ilmuwan yang ditinggikan derajatnya oleh ALLAH SWT sehingga mampu membawa kemaslahatan bagi umat manusia. Lebih lanjut Rektor mengatakan, di era digital, dikenal dengan Disrupsi dimana evolusi masyarakat bergeser dari aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata, ke dunia maya atau digitalisasi.

“Fenomena ini juga berkembang dalam dunia belajar maupun mengajar. Di era ini, menuntut Lembaga Pendidikan tinggi untuk dapat menciptakan iptek yang inovatif, adaptif, kompetitif sebagai konsep utama daya saing dan pembangunan bangsa di era industri 4.0. Revolusi 4.0 merupakan revolusi yang berbasis Cyber Physical System yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi.

“Ini ditandai dengan munculnya fungsi-fungsi kecerdasan buatan dalam teknologi industry yang semakin cerdas menyaingi manusia. Sebagai pencetak generasi akademisi penerus bangsa, Perguruan Tinggi memiliki segudang tantangan. Terutama dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan terampil agar mampu bersaing di era revolusi industry 4.0. Perguruan Tinggi sebagai Lembaga Pendidikan, harus memenuhi standar keilmuan yang dibutuhkan mahasiswa Perguruan tinggi, berusaha semaksimal mungkin mencetak banyak alumni, yang mendapatkan pekerjaan layak.

“Karena itu kami perguruan tinggi membekali mahasiswa dengan Keterampilam yang mempunyai nilai jual di dunia kerja. Menjalin Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta perguruan tinggi lainnya sebagai langkah komitment menciptakan lulusan yang berkualitas sehingga para lulusan sarjana UNSAM mampu bersaing secara global.

“Para Wisudawan yang saya banggakan, Universitas Samudra saat ini telah ter- Akreditasi “Baik Sekali” sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan ini tertuang dalam surat Nomor 265/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IV/2023.

Dengan dikeluarkannya surat keputusan tersebut, Universitas Samudra layak untuk berdiri dan bersanding dengan Universitas lainnya yang ada di Provinsi Aceh dan Indonesia pada umumnya.

“Di usia yang masih remaja ini Universitas Samudra telah mengukir segudang prestasi di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi diantaranya perolehan akreditasi “Baik Sekali” oleh ke-5 Fakultas serta perolehan Akreditasi Unggul oleh 2 Program studi Pendidikan biologi dan geografi.

“Saat ini, timpal rektor menambahkan, Universitas Samudra telah berhasil mendirikan Program Studi Pendidikan profesi Guru (PPG) yang diperuntukkan bagi para lulusan sarjana Pendidikan untuk mengambil program profesi Guru.

Sehingga karenanya tidak perlu jauh-jauh untuk mengambil program profesi guru, karena UNSAM sudah memiliki Program Studi tersebut, tambah Rektor.

“Selaras dengan itu, UNSAM saat ini telah memilki sejumlah sarana dan prasaran yang canggih sebagai penunjang proses belajar para mahasiswa seperti Gedung Laboratorium Terpadu serta pelayanan yang berbasis cloud service sebagai wujud membangun kampus yang berbasis digital dimasa yang akan datang.

“Para Wisudawan yang saya banggakan, Saat ini Universitas Samudra memiliki 335 Dosen dengan lulusan terbaik dari kampus dalam dan luar negeri dengan berbagai ke Ilmuwan yang dimiliki. dari total keseluruhan itu, terdapat 63 Dosen bergelar Doktor dan 284 bergelar Magister dan saat ini 22 dosen sedang menempuh pendidikan Doktor yang diharapkan akan segera menyelesaikan studinya.

“Selaras dengan itu, Ucapan Selamat saya beserta seluruh sivitas Akademika UNSAM kepada para Dosen yang telah menyelesaikan Program studi Doktor nya di beberapa kampus dalam negri diantaranya:

1. Dr. M. Iqbal Asnawi, S.H., MH dari Fakultas Hukum
2. Dr. Nurjanah, M.Si Fakultas Ekonomi
3. Dr. Adi Bejo Suwardi, S.Si., M.Si Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
4. Dr. Ramdan Afrian, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
5. Dr. Basyaruddin Acha, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
6. Dr. Andi Nova, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
7. Dr. Jofrisal, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
8. Dr. Anwar, S.Pd., M.Pd Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
9. Dr. Ipak Neneng Mardiah Bukit, S.T., M.Eng Fakultas Teknik
10. Dr. Banta Cut, S.T., M.T Fakultas Teknik.

“Wisudawan yang saya banggakan,
Sebelum saya akhiri perkenankan saya menyampaikan rasa terima kasih saya yang paling dalam kepada Bapak/Ibu, orang tua/wali/keluarga wisudawan, pemerintah, serta seluruh lapisan masyarakat, dan keluarga besar Universitas Samudra, yang masing-masing sesuai fungsinya telah berkontribusi dalam menghasilkan sejumlah wisudawan pada hari ini, pungkas Rektor.

Wisuda yang berlangsung dengan tertib dan sukses pada kesempatan itu mengusung tema, “Tantangan Lulusan Baru dalam Era Digitalisasi”, Wisuda tersebut turut dihadiri oleh Ketua serta Anggota senat Universitas Samudra, Para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Universitas Samudra, Kepala Biro, Para Kepala UPT, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan serta Koordinator Prodi.

Selanjutnya tampak juga hadir Para Dosen Dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universitas Samudra, Ketua serta Pengurus Dharma Wanita Persatuan Universitas Samudra, Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudra, Camat Langsa Lama, Kapolsek Langsa Timur, Danramil Langsa Timur, Para Geuchik di Wilayah Kecamatan Langsa Lama, Presiden Mahasiswa dan DPM Universitas Samudra, Serta Para orang tua wali wisudawan.

Disisi lain, pada kesempatan wisuda kali ini juga ikut disampaikan orasi ilmiyah oleh Dr.Furqan Ishak Aksa dengan judul, “Pemanfaatan Augmented & Virtual Reality dalam Pembelajaran.(Ridwan Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *