Blog  

PPL Nagari Muaro Bodi Dorong Peningkatan Produktivitas Padi

Sijunjung – medianasionaljurnalis.com Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Nagari Muaro Bodi melakukan Farmer Field Day (FFD) di Kelompok Tani Ranah Talang pada Jumat (29/12/2023).

Dalam pertemuan yang diikuti 34 orang itu sekaligus dilakukan penanaman padi sawah dengan menerapkan teknologi jajar legowo 4:1.

“Alhamdulillah, kita telah memanfaatkan traktor roda dua bantuan pemerintah dan sekarang tiba waktunya kita bertanam padi,” ujar PPL Muaro Bodi Riana Nurmita Pardanti, SP.

Bersama anggota kelompok, dengan dipandu PPL dilaksanakan penanaman padi sawah yang juga diikuti Wali Nagari Muaro Bodi Hendri Yandi.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menekankan pentingnya peran penyuluh dalam peningkatan produktivitas padi dan jagung.

“Mudah-mudahan panen padi berhasil dan kita lanjutkan nantinya dengan budidaya tanaman jagung, sehingga lahan tidak ada yang kosong” Riana melanjutkan dalam penyampaian materinya sore itu.

Teknologi jajar legowo memberikan keuntungan diantaranya, meningkatkan populasi rumpun di baris pinggir, adanya lorong memudahkan pemeliharaan serta fotosintesis lebih tinggi dan mengurangi potensi serangan hama tikus.

Jp Ak|(AG)

Penulis: AG Editor: Jupri AK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *